Hindari 4 Penyebab Kebocoran yang Terjadi setelah Cuci AC

Menyewa jasa cuci AC adalah hal krusial yang tidak boleh dilewatkan bagi Anda yang ingin mesin AC selalu maksimal dalam bekerja. Soalnya apabila mesin AC jarang mendapatkan perawatan maka kerusakan bisa terus mengintai. Namun ternyata beberapa kasus malah terjadi kebocoran setelah melakukan pencucian. Untuk itulah, Anda wajib menghindari 4 penyebabnya.

1. Terjadi Penyumbatan pada Pembuangan AC
Penyebab pertama yang mengakibatkan sebuah mesin AC mengalami kebocoran adalah terjadinya penyumbatan pada area pembuangan AC. Asal tahu saja, arena pembuangan AC sangat penting untuk diperhatikan supaya mesin AC selalu bisa bekerja secara maksimal. Hal ini bisa terjadi karena kotoran atau lendir menghambat saluran drain dari AC itu sendiri.

Kondisi ini biasanya terjadi ketika proses penyucian AC dilakukan secara tidak sempurna atau tidak benar. Hal tersebut kemudian membuat kotoran menjadi tidak sepenuhnya keluar dari saluran pembuangan. Untuk itulah, penting sekali ketika proses pencucian mesin AC maka selang AC mesti dilakukan penyemprotan dan pembersihan secara benar.

2. AC yang Sudah Terlalu Kotor
Apabila terjadi kebocoran pada mesin AC setelah dilakukan pembersihan atau pencucian maka jangan langsung menyalahkan jasa cuci ac. Hal ini seringkali dilakukan oleh banyak orang dan menganggap bahwa kebocoran tersebut disebabkan oleh jasa cuci AC tersebut. Padahal anggapan tersebut adalah sebuah salah kaprah dan tidak bisa menjadi acuan begitu saja.

Bukan tanpa alasan karena terkadang penyebab dari AC yang mengalami kebocoran bukan sepenuhnya salah tukang yang telah mencuci AC. Bisa juga disebabkan karena AC yang Anda miliki ternyata tergolong sudah sangat kotor. Apabila hal tersebut sampai terjadi maka bisa saja disebabkan karena AC yang Anda miliki tergolong sudah terlalu kotor.

Soalnya apabila AC tergolong sudah terlalu kotor maka akan membuat berbagai kotoran dan juga debu menempel di sela-sela mesin. Hal ini pastinya akan sangat sulit dibersihkan dalam sekali proses pencucian. Jadi tidak heran apabila kemudian terjadi kebocoran apabila proses pencucian ini tidak dilakukan  secara menyeluruh dan juga tidak dilakukan secara rutin.

3. Menyalakan AC Ketika Terjadi Kebocoran
Meskipun tergolong bukanlah penyebab utamanya tapi memaksakan menyalakan AC ketika terjadi kebocoran juga bisa memperburuk kondisi. Hal tersebut akan membuat kebocoran pada AC akan menjadi semakin parah dan bisa merusak kondisi mesin AC. Untuk itulah, sangat disarankan tidak menyalakan mesin AC ketika Anda melihat terjadinya kebocoran.

Biasanya kebocoran tersebut terjadi dapat dilihat dengan meningkatnya volume air yang dikeluarkan. Apabila hal ini sampai terjadi maka segera lakukan langkah utama untuk mencegah kondisi semakin memperburuk. Bisa diawali dengan menjauhkan berbagai alat elektronik dari sekitar kebocoran hingga meletakan tempat penampung air untuk kebocoran mesin AC tersebut.

4. Menyewa Jasa yang Tidak Profesional
Penyebab terakhir yang pastinya juga tidak bisa dilewatkan adalah karena Anda menyewa jasa yang tidak profesional atau tidak berkualitas dalam bidang ini. Bukan tanpa alasan, apabila jasa tersebut terhitung belum memiliki pengalaman yang baik dan tidak mendapatkan rekomendasi. Jadi tidak heran terkadang, pekerjaan yang mereka selesaikan terasa kurang sempurna.

Salah satu efek yang tidak menutup kemungkinan bakal terjadi adalah terjadinya kebocoran pada mesin AC. Hal ini bisa terjadi karena bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari pekerjaan yang kurang teliti hingga tidak mengetahui jenis AC yang dibersihkan.

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya maka menjadi tugas Anda untuk bisa menghindarinya. Lebih terpenting adalah dengan menyewa jasa cuci AC yang profesional dan berkualitas. Tenang saja, Anda bisa mendapatkannya dengan menyewa jasa tersebut di sejasa.com. Banyak jasa profesional untuk berbagai kebutuhan yang siap membantu Anda.