Cara Membuat Desain Baju Untuk di Sablon

Ada yang beranggapan bahwa mendesain itu memerlukan bakat, dan biasanya bakat itu bawaan lahir, namun untuk hal ini aku kurang setuju, karena semua bisa dipelajari,dan bahkan bagi orang yang tidak mempunyai bakat dibidang tertentu, asal tekun dan Insya Allah pasti bisa, begitu pun desain, kalau mau tekun belajar pasti bisa. Dan seperti yang kita ketahui, bahwa ketika ingin membuat baju kaos pastilah mesti melihat preview desainnya dulu. itulah ada Mock-up kaos atau baju. tapi, bagaimana jadinya kalau kamu adalah seorang yang awam. soalnya kalau berbicara masalah mock-up pasti menggunakan sebuah aplikasi photoshop. agar kepala tidak pusing, maka disini aku akan buatkan tutorial membuat desain untuk print kaos yang mudah di pahami.

Pada saat akan membentuk resolusi dan optimasi untuk menghasilkan sebuah print kaos dengan printer dtg memang rumit. Kadang kita sudah membuat desain yang sudah bagus bagus, eh tapi saat kaos selesai dicetak hasil yang didapat kurang bagus dan pasti kurang maksimal. Dan masih banyak terjadi kebingungan saat akan menentukan resolusi optimal untuk sebuah gambar atau desain yang akan kita cetak menggunakan metode print Direct to Garment atau singkatan dari DTG.

Pada teknologi untuk sablon, gaya desain yang banyak digunakan adalah gaya-gaya vektor dan tidak ada gradasi warna, karena akan sedikit sulit membuat gradasi warna pada teknologi sablon, perlu pengaturan film yang kompleks. Berikut adalah cara membuat design untuk print kaos.

Pertama yang kamu perlu memiliki 2 option untuk membuat desain, kamu bisa membuat desain itu sendiri langsung melalui aplikasi pengedit foto, atau kamu mencari di internet. Namun yang perlu dijelaskan disini adalah desain yang akan kamu cari di internet. Pada pertama yang kamu ketik atau cari kata kunci desain sablon kaos itu sendiri yang kamu inginkan melalui mesin pencari. Kamu harus memilih salah satu gambar dengan ukuran gambar yang besar. Karena jika ukuran file tersebut terlalu kecil, saat di cetak akan pecah atau gambar menjadi tidak jelas.

Kedua, pindahklah gambar desain sablon-nya pada aplikasi editor photo seperti photoshop, coreldraw dll. Jika desain gambarmu memiliki background, kamu harus menghapusnya terlebh dahulu. Karena yang akan diambil dan di cetak pada kaos hanya bagian design gambarnya saja, tidak termasuk backgroundnya.

Kemudian simpan gambar yang sudah dihilangkan backgroundnya dengan format PNG jangan format JPG. Setelah gambar di save, masukan desain yang telah kamu edit ke aplikasi AcroRIP. Kamu juga bisa mengatur ukuran desain gambar sesuai ukuran yang akan kamu inginkan. Gambar desain untuk print kaos dtg ini jangan sampai melebihi garis berwarna merah. Setelah settingan-nya sudah sesuai, kamu bisa memulai untuk mencetak desain tersebut pada kaos. Dan untuk kaos bewarna gelap, anda harus mencetak dengan tinta putih dulu sebagai dasarnya