Pengalaman Berbelanja di Tokopedia, Apakah Aman?

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang cukup terkenal di Indonesia. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam barang dengan harga yang cukup terjangkau. Bagaimana pengalaman dengan Tokopedia yang Anda miliki? Kalau saya sih aman-aman saja selama ini. Bahkan, sudah lebih dari sepuluh kali berbelanja di sini, semuanya memuaskan!

Pengalaman Berbelanja Pertama Kali di Tokopedia
Awal mengenal marketplace yang satu ini sebenarnya tak sengaja. Sebenarnya sebelum ini saya lebih senang menggunakan jasa dropshipper untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Tapi, waktu itu barang yang saya inginkan, bibit kemangi kualitas A, tidak ditemukan di mana-mana di semua dopshipper langganan.

Setelah cari sana-sini, akhirnya ada teman yang menyarankan untuk membeli bibit kemangi tersebut di Tokopedia. Meski awalnya saya ragu, akhirnya saya installah aplikasi tersebut. Setelah itu, saya search bibit kemangi yang saya butuhkan. Saya nyaris teriak kesenangan! Kenapa tidak, di sana tersedia berbagai bibit kemangi dengan kualitas nomor satu.

Selain itu, harganya juga jauh lebih miring. Dibandingkan harga membeli di dropshipper saya selama ini, harga tersebut malah bisa lebih murah 30%. Akhirnya, dengan bermodal nekad, saya pun menekan tombol pembelian dan melakukan pembayaran. Tak menunggu lama, hanya sekitar lima hari, bibit kemangi impian saya pun datang!

Bagaimana Cara Berbelanja di Tokopedia
Tampaknya tak perlulah saya sampaikan bagaimana pengalaman dengan Tokopedia yang lainnya. Sehabis belanja pertama, saya jadi lebih sering buka-buka aplikasi tersebut dan melihat banyak sekali bibit bunga. Eits, meski laki-laki dan sehari-hari kerja kantoran, saya masih menyalurkan hobi yang bermanfaat, ya!

Bertanama! Yah, meskipun di halaman rumah saja. Kegiatan tersebut biasanya saya lakukan bersama ibu yang juga memiliki hobi yang sama. Gimana gitu rasanya melihat halaman rumah cantik dengan warna hijau dan warna-warna cerah bunga-bunga? Senang, kan? Mulai dari itulah saya sering berbelanja bibit bunga di Tokopedia.

Semuanya berlangsung dengan baik dan tak ada kendala sama sekali. Meski beberapa waktu yang lalu sempat heboh penipuan yang mengatasnamakan Tokopedia dan itu juga sempat membuat miris, sebenarnya saya tak merasa terganggu. Menurut saya, asal Anda bisa memilih toko yang aman dan memiliki pengaman sendiri, bisa terhindar dari itu.

Selain itu, Anda juga harus lebih teliti ketika berbelanja. Tokopedia memiliki ketentuan bahwa bila dalam waktu dua hari Anda tidak melakukan konfirmasi saat barangnya telah sampai dan Anda juga tak melakukan komplain, maka pesanan tersebut dianggap selesai dan pembayaran akan diteruskan ke penjual.

Nah, jadi ketika barang yang Anda pesan sampai, ada baiknya buka dengan hati-hati. Pastikan kalau barang yang datang adalah barang yang dipesan. Jangan sampai keliru. Sekedar tips, kalau belanja barang elektronik, Anda bisa merekam ketika membuka bungkus paketnya. Kalau ada masalah, Anda bisa langsung komplai dan menunjukkan buktinya.

Oh iya, kalau Anda masih ragu, tak apa coba chat dengan penjual lebih dulu. Tokopedia menyediakan layanan chat dengan penjual untuk bertanya lebih banyak tentang barang yang ingin dipesan. Tapi, hati-hati juga, ya! Kalau disuruh tranfer atau apa yang bukan berhubungan dengan Tokopedia, sebaiknya jangan dipenuhi!

Begitulah pengalaman dengan Tokopedia yang saya miliki, bagaimana dengan pengalaman Anda? Kalau ternyata pengalaman Anda bagus, jangan lupa sharing di kolom komentarnya. Begitu juga kalau sebaliknya, ya! Kalau menurut saya yang sudah lebih sepuluh kali belanja di sana sih, tak ada masalah. Paling penting Anda teliti!